Tuesday 16 January 2018

Makalah tentang Internet

Makalah tentang Internet 



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat khususnya di negara-negara yang sudah maju seperti Amerika, Eropa, Jepang dan lain sebagainya. Negara-negara tersebut adalah negara yang sudah maju di bidang teknologi, teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan adanya teknologi manusia bisa saling berhubungan dengan mudah. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, teknologi yang paling populer sekarang ini adalah internet karena dengan adanya internet banyak informasi berharga yang dapat kita ambil dengan mudah, internet merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat cepat dan murah. Internet merupakan suatu perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan bahkan miliaran informasi yang berupa teks dalam bentuk media elektronik.
1.2. Rumusan Masalah :
Konsep Internet
Sejarah Internet
Layanan Internet
Pengawasan Internet
Cara Mengakses Internet
Domain dan WWW 



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Konsep Internet
Definisi Internet 
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah jaringan (Internet Protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global.
Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
1. Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan :
1. Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan: Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan. Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah.
2. Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer: Harus buat tugas lewat Internet otomatis harus menggunakan yang namanya Komputer.
3. Sebagai Sarana Komunikasi.
Manfaat Internet Bagi Masyarakat :
1. Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan, bidang literasi, atau bidang kesenian, bisa mencari berbagai informasi dari internet.
2. Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan.
3. Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan.

2.2. Sejarah Internet
Sebagian besar penduduk dunia saat ini sudah memanfaatkan internet, bahkan bisa dikatakan seluruh rakyat yang ada dibelahan dunis khususnya di daerah perkotaan sudah mengenyam akses internet. Meskipun demikian, ternyata masih banyak orang yang belum  menikmati akses menuju internet.
Sejarah Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer pada tahun 1960. Secara singkat jaringan komputer dapat artikan sebagai sekumpulan komputer-komputer yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel dalam satu ruang yang sama, seperti kantor, sekolah, perusahaan dan lain-lain.
Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Sampai Sekarang
Perkembangan internet dunia sangatlah pesat. Bagaimana tidak, pasalnya setiap orang menggunakan internet setiap harinya, jika sebelumnya internet hanya bisa dinikmati oleh beberapa orang tertentu saja dan fungsinya terbatas. Saat ini, seluruh orang dapat menggunakan internet dengan akses informasi yang jauh lebih luas dan fungsi yang lebih bermacam macam.
1957
Uni Sovyet (kini Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
1958
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah suatu badan didalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA) bertujuan supaya Amerika Serikat bisa meningkatkan ilmu pengetahuan dan technologi negeri tersebut. Salah satu sasarannya ialah teknologi komputer.

1960
Teori packet-switching sudah dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
1962
Sejarah dimulai pada tanggal Agustus 1962 dan pembuat internet pertama kali dikemukakan oleh seorang bernama J.C.R Licklider dari MIT (Massachusetts Institute of Technology). Rencana awal disebut “Galactic Network” oleh dia. J.C.R Licklider menyampaikan tentang dengan cara apa jaringan global yg memungkinkan orang bisa terhubung data dan program dari mana saja.
Pada Oktober 1962, J.C.R Licklider memimpin program penelitian komputer di ARPA yaitu bidang dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
Proyek dari ARPANET yaitu membuat rancangan suatu bentuk jaringan, kehandalan dan seberapa besar informasi akan dipindahkan. yang hasilnya seluruhnya standar yg mereka memastikan jadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang saat ini kita kenal dgn istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah demi kepentingan militer. Ketika itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan sistem jaringan komputer yang menyebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir. Dan untuk menghindari terjadinya kabar terpusat, yang jika terjadi perang akan mudah dihancurkan.
1965
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
1966
Pada tahun 1966, seorang ilmuan yang berasal dari Amerika, Larry Roberts mengembangkan gagasan jaringan komputer. Setelah Itu Larry Roberts merencanakan jaringan yang dinamakan dengan ARPANET yang dipublikasikan sekitar tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET sudah melibatkan empat buah komputer yg terkoneksi.
Sejarah internet juga dimulai dengan komputer pertama yang berada di University of California Los Angeles, komputer kedua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan komputer ke empat berada di University Utah.
1968
Jaringan Tymnet dibuat.
1971
Pada tahun 1971, jumlah komputer yg terhubung ke ARPANET mencapai 14 komputer. Pada tahun ini protokol Telnet dan FTP sukses dibangun. Pada tahun 1972, Larry Roberts & Bob Kahn memperkenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang di selenggarakan di Washignton DC.
Sejarah Perkembangan Internet - Pada tahun 1972, Ilmuan yang berasal dari New York Amerika serikat Ray Tomliinson memeparkan program yg mengizinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Ray Tomliinson yg membuat desain konversi “user@host.” Di tahun ini juga ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data.
Pada tahun yang sama, ARPA berubah nama menjadi DARPA. Penambahan huruf "D" berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang dimulai dari University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.
Anggota jaringan ARPANET bertambah jadi 23 buah node komputer, yg terdiri atas komputer-komputer utk riset milik pemerintah Amerika Serikat & kampus.
1972
Suatu kelompok kerja yang dinamakan dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga menciptakan standar-standar utk jaringan komputer, termasuk juga di antaranya ialah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yg setelah itu dinamakan juga sebagai "Bapak Internet".
1974
Vint Cerf & Bob Kahn mempublikasikan spek detil protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
Bolt, Beranet dan Newman (BBN), pontraktor utk ARPANET, mengakses suatu version komersial dari ARPANET yang mereka sebut Telenet.
1977
Telah ada 111 perangkat komputer yg sudah terhubung ke ARPANET.
1978
Protokol TCP dipecah jadi dua bagian, yaitu Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP). Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini bermanfaat untuk meneransfer file. Pada tahun 1979, News grup yg diberi nama USENET beroperasi dgn basic UUCP. Penciptanya yaitu Tom Truscott, Jim Ellis dan Steven Bellovin dari Kampus North Carolifornia. Pengguna dari seluruh dunia bergabung ke kelompok diskusi ini untuk membicarakan masalah jaringan, politik, agama topok-topik yang lainnya.
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah dan jadi bagian hidup manusia. Tahun ini tertulis ARPANET sudah mempunyai anggota sampai 213 host yang terakses. Pelayanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai dgn menyediakan pelayanan e-mail, mailing list dan File Transfer Protocol (FTP).
1982
Sejarah internet pada thn 1982 DCA atau Defense Communication Agency & DARPA mencetak protokol yg dinamakan TCP/IP utk ARPANET. Setelah Itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebut TCP/IP sbg satu buah standar. Pada saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang menggunakan TCP/IP juga sebagai protokol.
1983
John Postel, Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name Sistem (DNS) dan mengusulkan system pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada thn 1984 DNS dikenalkan di internet dgn menyebut nama-nama kategori domain seperti . gov, .mil,.org,.net dan.com .
1986
Pada thn 1986 TCP/IP sejak mulai tersedia dalam workstaiton dan computer. Tahun ini juga National Science Foundation mendanai NSFNET yang merupakan tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps & mengatur internet hanya ditujukan utk kebutuhan riset dan pemerintah yg bersifat non-komersial.
1986
Dikenalkan system nama domain, yang saat ini dikenal dengan DNS (Domain Name Sistem) yang berfungsi untuk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan komputer.
2000-an
Internet berkembang demikian pesat, faktor ini bisa dibuktikkan dengan munculnya milyaran website didunia. Dan usaha digital juga sudah jadi tren di berkat perkembangan dari internet.
2.3. Layanan Internet
Melihat perkembangannya saat ini, internet merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Bukan lagi barang mewah, internet sekarang sudah mudah didapat / diakses. Berbagai pekerjaan ataupun kebutuhan dapat dengan mudah diselesaikan melalui internet. Layanan – layanan yang ada di internet memang sangat membantu, terlebih lagi tidak hanya satu jenis layanan, di internet banyak layanan yang siap membantu kebutuhan netizen.
Di bawah ini adalah macam – macam layanan yang ada di internet, diantaranya :
1. E-Mail  (Electronic Mail)
Electronic Mail (email) yang berarti surat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah yang layan internet pertama di dunia. Bahkan saya baca di wikipedia email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan E-Mail orang – orang dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan email adalah Yahoo, Gmail, dll.
2. E-Commerce
E-Commerce adalah layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi. Toko online merupakan salah satu contoh dari layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu pergi ke toko untuk berbelanja, karena kita bisa membeli barang secara online. Contohnya di Lazada.
3. E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah banyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para pengguna Bank tersebut tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa bank sudah merambah ke dunia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
4. E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secra langsung melainkan dari jarak jauh. Komputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya e-learning kita dapat membaca materi secara berulang – ulang. Namun dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
5. E-Goverment
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintahan terhadapt masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C), Goverment to Employ (G2E), Goverment to Business (G2B), dan Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment diharapkan dapat mpeningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
6. Milist (Mailing List)
Milist atau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggota milist dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan tersebut. Dalam milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.
7. IRC (Internet Relay Chat)
IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi ini kita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita/orang tersebut dilengkapi WebCam.
8. VOIP (Voice Over Internet Protocol)
VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIP hanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. 
9. Telnet (Telecommunication Network)
Salah satu layanan internet ini digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menghadirkan fasilitas fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.


2.4. Pengawasan Internet ( Tugas Softskills )
Pengawasan Penggunaan pada Internet
Pengawasan (Bahasa Inggeris: surveillance) ialah pemerhatian tingkah laku atau kelakuan, manakala sistem pengawasan ialah proses memerhatikan tingkah laku orang ramai, objek atau proses dalam sistem keakuran pada norma-norma yang dijangka atau dimahukan dalam sistem dipercayai untuk tujuan sekuriti atau kawalan sosial
Internet merupakan jaringan (physicall) yang menghubungkan ratusan juta komputer menggunakan protokol yang sama untuk berbagi dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Internet juga merupakan salah satu media informasi yang sangat cepat dan bisa diakses di seluruh dunia asalkan sudah terkoneksi. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Internet bisa diakses oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Informasi yang disajikan di internet juga sangat banyak dan bermacam-macam.Tetapi dalam penggunaan Internet itu sendiri juga banyak dampak yang ditimbulkan yaitu :
2.4.1. Dampak Positif Internet
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan e-mail, newsgroup, FTP dan www (world wide web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
2.4.2. Dampak Negatif Internet
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding
Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

5. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.
Untuk mengatasi penggunaan Internet yang negatif ini, Pemerintah sedang menyiapkan sebuah lembaga baru yang berfungsi mengamankan internet di Indonesia. Kewenangannya mencakup pengawasan terhadap lalu-lintas internet di Indonesia.
Lembaga tersebut bernama Indonesia - Security Incident Response Team on Information Infrastructure (ID-SIRTII).
Saat ini pembentukan lembaga itu masih dalam tahap konsultasi publik. Rencananya pembentukan ID-SIRTII akan tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Komunikasi dan Informatika tentang Pengamanan Pemanfaatan jaringan Telekomunikasi Berbasis Protokol Internet.
Turut terlibat dalam lembaga itu nantinya adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan lembaga lain seperti Kepolisian, Kejaksaan, dan Kementerian atau Departemen terkait.
ID-SIRTII nantinya akan memiliki fungsi pengelolaan database dan sistem informasi terkait pengamanan internet di Indonesia. Dalam rancangan Permen yang diterima detikinet, disebutkan bahwa hal itu termasuk menyimpan rekaman aktivitas internet.
Lewat Permen yang sama semua penyelenggara jasa telekomunikasi yang memanfaatkan protokol internet akan diwajibkan membuat catatan penggunaan (log file). Khusus yang terhubung ke Internet Exchange Point (seperti IIX dan OpenIXP) atau Network Access Point (NAP) maka penyelenggara itu wajib terhubung secara online ke sistem milik ID-SIRTII.
Permen itu juga akan mengatur warung internet (warnet). Semua warnet nantinya wajib mencatat setidak-tidaknya identitas pengguna dan waktu penggunaan.
Sedangkan pengguna layanan internet prabayar, yang diselenggarakan Internet Service Provider (ISP), juga harus terdata identitasnya.


2.4.3. Pengawasan Penggunaan Internet
Anak-anak dan remaja sebaiknya diawasi dalam melakukan akses internet. Pengawasan ini semestinya dilakukan oleh orang tua mereka. Pengawasan penggunaan internet bagi anak-anak dan remaja dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu caranya adalah melakukan pengawasan pada tempat-tempat dilakukannya pengaksesan internet. Tempat-tempat pengaksesan internet antara lain: di rumah, di sekolah maupun di tempat-tempat yang memberikan layanan jasa internet seperti warnet.
1. Di Rumah
Penggunaan internet di rumah biasanya sudah hampir terkendali. Anak-anak maupun remaja yang ingin menggunakan layanan internet akan sangat berhati-hati untuk mengakses situs-situs yang tidak boleh diakses. Akan tetapi mereka akan lebih leluasa untuk mengakses situs terlarang tersebut jika dirumahnya tidak ada sanak saudara maupun orang tuanya atau mereka akan menggunakan kesempatan pada saat tidak dipantau oleh orang tua mereka. Mereka akan membuka situs terlarang tersebut dengan sembunyi-sembunyi.
Pengawasan terhadap anak-anak maupun remaja pada saat mengakses internet dirumah sangat mudah. Pengawasan tersebut dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut.
Pada saat mereka melakukan akses Internet, sebaiknya mereka didampingi oleh orang tua atau sanak keluarga yang lainnya. Hal ini membuat anak-anak atau remaja tidak mempunyai kesempatan untuk mengakses situs yang tidak sepantasnya mereka akses.
2. Di Sekolah
Selain dirumah pengksesan internet juga bisa dilakukan di sekolah. Biasanya anak-anak maupun remaja tidak berani untuk mengakses situs-situs yang dilarang untuk seusianya. Banyak hal yang membuat mereka takut untuk mengakses situs tersebut. Salah satu penyebabnya adalah peraturan ketat yang ada disekolahnya. Meskipun demikin, ada juga sebagian dari mereka berani membuka situs tersebut dengan sembunyi-sembunyi. Untuk menghindari hal tersebut, maka pengwasan yang dilakukan oleh petugas internet harus diperketat. Pengawasan ini bertujuan agar anak didik di sekolah tersebut tidak berani untuk membuka situs yang dilarang.

3. Di Warnet
Warnet merupakan suatu tempat yang memberikan jasa internet kepada orang yang memerlukannya. Sebagian besar akses internet dilakukan di warnet. Pengguna jasa internet mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Hampir semua warnet memberikan hak kepada pengguna jasa warnet untuk mengakses semua situs yang ada, mulai dari situs yang mendidik sampai dengan situs yang dapat merusak moral mereka.
2.4.4. Pembatasan Akses Internet
Selain melakukan pengawasan akses internet, juga diperlukan pembatasan akses internet terhadap situs-situs yang dapat merusak moral maupun yang berbahaya. Pembatasan akses internet ini bisa dilakukan dengan menginstal software yang dapat menyaring situs-situs yang berbahaya.

2.5. Cara Mengakses Internet

1. Melalui Telepon Kabel
Telepon kabel atau yang biasa disebut jaringan telepon publik (public telephone service network) dapat digunakan untuk mengakses layanan Internet, selain sebagai sarana komunikasi suara dan faksimili. Diperlukan perangkat yang disebut modem untuk menghubungkan jalur telepon kabel ke komputer. Melalui telepon kabel, bisa mengakses Internet secara dial-up, sewa jaringan (leased line), atau menggunakan layanan transmisi digital menggunakan modem DSL (Digital Subscriber Line) ataupun ASDL (Asymmetric Digital Subscriber Line).
1.1. Dial-up
Pada akses dial up pengguna perlu menghubungi dahulu (dengan menggunakan komputer) nomor akses khusus yang disediakan untuk layanan Internet oleh penyedia jasa layanan. Salah satu penyedia jasa layanan Internet, misalnya menyediakan nomor telepon 0809 8 9999 sebagai nomor akses untuk layanan Internetnya. Untuk dapat menggunakan layanan ini, selain harus memiliki seperangkat komputer, pengguna juga harus memiliki modem dan berlangganan akses Internet ke penyedia jasa layanan Internet. Jadi selain harus membayar biaya telepon, pengguna juga harus membayar biaya akses Internet. Penyedia jasa layanan Internet yang sekaligus penyedia jasa telekomunikasi bisa menyatukan biaya itu dalam satu tarif terpadu. Layanan Telkomnet Instan dengan akses telepon 0809 8 9999 adalah layanan yang menyatukan tarif akses internet sekaligus tarif jasa telekomunikasi.
1.2. Leased Line
Jenis layanan lain yang menggunakan telepon kabel sebagai media lalu lintas data adalah layanan yang disebut leased line. Pada prinsipnya, pada jenis layanan ini pengguna menyewa jalur telepon yang secara khusus digunakan untuk mengakses Internet. Penyewa menggunakan saluran yang disewanya ini untuk berhubungan dengan penyedia jasa layanan Internet, dan selanjutnya mengakses Internet. Selain mengakses Internet, pelanggan juga dapat menggunakan saluran yang disewanya ini sebagai media untuk menghubungkan server miliknya ke jaringan Internet. Sewa jaringan ini tentu saja relatif mahal karena terhubung terus-menerus selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
1.3. DSL (Digital Subscriber Line)
Jaringan telepon kabel juga dapat dimanfaatkan untuk akses Internet dengan menggunakan teknologi DSL (Digital Subscriber Line). Teknologi ini akan memungkinkan lalu lintas data terpisah dari lalu lintas percakapan telepon sehingga saluran yang sama dapat digunakan untuk mengakses Internet tanpa mengganggu aktivitas bertelepon. Untuk dapat menggunakan layanan ini, calon pengguna harus memiliki seperangkat komputer, satu jalur telepon kabel, dan modem khusus yaitu modem DSL. 
1.4. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
Koneksi internet dengan ADSL adalah suatu bentuk teknologi dari DSL, yaitu koneksi internet yang menghubungkan computer menggunakan modem khusus dengan saluran telepon biasa (rumah), seperti pada koneksi dial up tapi pada frekwensi yang berbeda. Sehingga keuntungannya, line telepon rumah tidak terganggu. Teknologi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone (DMT), yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi . Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi seperti halnya video. Koneksi internet dengan ADSL memiliki kelebihan, diantaranya tidak perlu dial up. Walaupun masih menggunakan line telepon dan terhubung ke internet selama 24 jam, anda masih tetap bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dengan menggunakan Splitter yang disediakan oleh ISP yang anda pilih. Sistem pembayaran bulanan, dan beberapa ISP sudah menyediakan layanan pembayaran melalui ATM, sehingga anda tidak perlu antri di bank. Selain itu, koneksi ADSL juga memiliki kekurangan seperti pada jam sibuk, koneksinya sering lambat dan kadang sampai terputus.

2. Melalui Telepon Nirkabel
Selain melalui telepon kabel, akses Internet juga dapat menggunakan telepon nirkabel. Saat ini ada dua jenis teknologi telepon nirkabel (disebut ponsel atau handphone) yang dapat melayani akses Internet, yakni GSM (global system for mobile communications) dan CDMA (code division multiple access). Internet dapat diakses secara langsung menggunakan perangkat telepon tersebut asalkan perangkat yang digunakan memenuhi syarat untuk akses Internet. Cara yang lain adalah dengan memanfaatkan modem yang biasanya terdapat di dalam handphone tersebut, dan menggunakannya sebagai sarana akses Internet.
2.1. CDMA
Koneksi CDMA adalah koneksi dengan menggunakan telepon atau handphone CDMA atau modem CDMA untuk meng-akses internet. Komputer terhubung ke telepon atau ponsel CDMA melalui kabel data, infrared, atau bluetooth. Untuk telepon yang difungsikan sebagai modem, kecepatannya mencapai 153.6 Kbps (Kilobyte per second). Namun kecepatan sebenarnya tergantung pada penyedia layanan dan tergantung besarnya sinyal dan cuaca. 
 2.2. GPRS
Koneksi internet dengan GPRS adalah koneksi yang menggunakan handphone GSM sebagai modem. Tentu saja tidak semua handphone yang bisa digunakan sebagai modem. Hanya handphone yang memiliki fasilitas WAP saja yang bisa digunakan. Supaya bisa meng-akses internet, kita harus mengaktifkan GPRS terlebih dahulu dengan cara bertanya ke customer service atau melihatnya di situs masing-masing operator GSM. Setelah fitur GPRS diaktfkan, baru kita bisa menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan handphone, baik melalui kabel data, infrared, atau bluetooth.
2.3. Koneksi Internet Dengan 3G (UMTS)
Koneksi Internet dengan 3G merupakan pengembangan teknologi GPRS dengan akses internet berkecepatan tinggi. Saat ini sistem yang umum digunakan adalah UMTS (jaringan 3G). Kecepatan akses bisa mencapai 384 Kbps. Kelebihannya antara lain bisa digunakan dimana saja, asal masih dalam jangkauan jaringan provider 3G. Kecepatan aksesnya lebih tinggi daripada GPRS. Jika anda menggunakan time base dan berada dalam jangkauan 3G, anda dapat men-download dengan cepat. Adapun kekuranggan dalam menggunakan internet 3G ini seperti koneksi ini hanya bisa dipakai jika daerah yang bersangkutan sudah terjangkau fasilitas 3G dari provider yang bersangkutan. 
2.4. Koneksi Internet Dengan 3.5G (HSDPA)
HSDPA merupakan pengembangan lebih lanjut dari UMTS yang dapat memberikan kecepatan akses hingga 7.2 Mbps. Kelebihannya antara lain bisa digunakan di mana saja dalam jaringan provider 3.5G (HSDPA). Lebih stabil dan lebih cepat dari 3G. Adapun kekurangannya adalah area jangkauannya masih terbatas pada kota-kota besar. 

3. Melalui Televisi Kabel
Penyedia layanan televisi kabel dapat pula melayani akses Internet dengan memanfaatkan saluran televisi yang dimilikinya. Untuk dapat menggunakan layanan ini, selain harus berlangganan televisi kabel yang juga melayani akses internet tersebut, diperlukan modem khusus yang disebut cable modem. Kecepatan akses data untuk layanan ini mencapai 3 Mbps. Di Indonesia, jenis layanan ini tidak populer karena jumlah pelanggan televisi kabel tidak cukup banyak. Di Indonesia, Kabelvision adalah salah satu layanan Internet melalui saluran televisi kabel yang disediakan oleh LinkNet. Koneksi internet dengan TV kabel memilki beberapa kelebihan dibanding menggunakan saluran telepon. Salah satunya adalah kita dapat terhubung ke internet selama 24 jam tanpa harus terganggu jam sibuk telepon. Kelebihan yang dimiliki antara lain layanan unlimited (tanpa batas) dan tidak ada biaya tambahan, hanya membayar iuran bulanan saja. Selain itu kecepatan akses tidak terpengaruh oleh jam sibuk. Tetapi cara ini juga memiliki bebearpa kekurangan, antara lain jaringannya masih terbatas, modem masih cukup mahal dan ISP tertentu mengharuskan berlangganan TV kabel, jika kita hanya memerlukan koneksi internet saja, biaya koneksinya menjadi lebih mahal.



4. Melalui Gelombang Mikro
Layanan akses Internet melalui gelombang mikro pada umumnya digunakan oleh warnet untuk berhubungan dengan penyedia jasa layanan Internet meskipun dapat juga digunakan oleh pelanggan rumahan. Cara ini jauh lebih menguntungkan karena akses gelombang mikro pada frekuensi 2,4 Gigahertz masih bebas biaya, dibanding harus menyewa jaringan leased line. Untuk dapat mengakses Internet dengan cara ini, pelanggan perlu memiliki perangkat modem khusus untuk wireless access yang dapat menjangkau perangkat pemancar-penerima yang dimiliki oleh penyedia jasa layanan Internet. Biaya akses umumnya ditentukan berdasarkan besarnya kapasitas akses yang dilanggan, umumnya dalam kelipatan 64 kbps (misalnya: 64, 128, 256, 384 kbps, dan seterusnya).

5. Melalui Layanan Wireless Access Point (Hotspot)
Hotspot merupakan salah satu pemanfaatan wireless LAN yang biasanya dipasang di lokasi-lokasi publik seperti taman, restoran, perpustakaan, kantor, bandara, dan lain-lain. Selain memanfaatkan hotspot di lokasi umum, anda juga bisa memasang sendiri dirumah. Tentu saja harus berlangganan salah satu ISP yang koneksi internetnya bisa di sharing. Biasanya koneksi internet yang bisa disharing menggunakan koneksi ADSL atau TV kabel. Setelah koneksi internet tersedia, anda bisa menggunakan hub wireless untuk di sharing ke komputer/laptop lain tanpa menggunakan kabel. Hub wireless ini harus anda beli sendiri di toko komputer, karena provider ISP tidak menyediakannya.

6. Broad band ISDN (Integrated Services Digital Network)
Broad band menyediakan layanan terpadu dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi. Koneksi modem jenis ini sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps , baik dari provider ke konsumen (downstream) maupun dari konsumen ke provider (upstream). Kelebihannya yaitu kecepatan aksesnya sangat tinggi, menyediakan layanan unlimited dan lebih stabil karena menggunakan serat optik. Dan mempunyai kekurangan dimana penggunaanya masih belum begitu luas dikarenakan pengadaan serat optik sebagai media transmisi belum cukup dikenal dan masih sangat jarang yang mengguanakannya.
2.6. WWW (World Wide Web) 
World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
2.6.1. Definisi WWW 
WWW merupakan kumpulan web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di web, dan yang penggunanya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. 
2.6.2. Sejarah WWW
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

2.7. Domain
Pada era digital seperti saat ini, domain telah menjadi hal yang umum diakses oleh banyak orang, baik itu melalui media komputer atau melalui perangkat mobile seperti Ponsel. Perkembangan teknologi juga mengharuskan domain ikut menyesuaikan, kini Anda dapat menemukan ratusan nama domain di internet. Bahkan, domain telah menyesuaikan dengan suatu negara. Seperti contohnya, Nama domain negara Indonesia memiliki akhiran .ID.
2.7.1. Pengertian Domain 
Pada dasarnya, Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP. Domain disebut juga sebagai Alamat Website, seperti contohnya "solozine.com" atau "google.com" dan lainnya.
Domain memiliki format huruf ( a,b,c dan seterusnya ), angka ( 1,2,3 dan seterusnya ) dan simbol ( - ) sebagai nama url situs web. Anda dapat membuat alamat website sesuai keinginan Anda, bisa menggunakan huruf, angka atau simbol saja. 
2.7.2. Fungsi Domain 
Pada dasarnya, Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu situs web serta mempermudah mengingat alamat situs web yang akan diakses dari pada harus menggunakan sederetan angka-angka rumit yang disebut Alamat IP. 
Seperti misalnya Anda ingin mengakses situs web google.co.id, jika Anda menggunakan Alamat IP maka Anda harus mengakses melalui kombinasi angka seperti 173.194.39.19, hal tersebut tentu akan menyulitkan pengguna internet. Maka dari itu ada sebuah domain untuk memberikan kemudahan bagi pengguna internet.
2.7.3. Contoh Nama Domain
Nama domain kini semakin spesifik, jadi akan mempermudah pengguna internet untuk memilah suatu situs web sesuai kategori tertentu. Terdapat ratusan nama domain yang ada di internet yang dapat digunakan sebagai alamat website. Contoh nama domain seperti berikut :
Nama domain yang populer : 
.COM, .ORG, .NET, .ME
Nama domain baru : 
.COOL, .ZONE, .CLUB, .CITY, .WEBSITE, .GRATIS, .HAUS, .GURU, .TIPS, .TODAY, .MEDIA, .LINK, .COOKING, .FISHING, .FITNESS dan masih banyak lagi nama domain baru.
Nama domain Indonesia : 
.ID, .CO.ID, .WEB.ID



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah jaringan (Internet Protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global.
World Wide Web, biasa lebih terkenal sebagai WWW adalah sumber daya internet yang sangat popular dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi atau bahkan melakukan transaksi pembelian barang. Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP.
3.2 Saran
Demi kesempurnaan makalah ini, kami sangat mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun ke arah kebaikan demi kelancaran dan kesempurnaan penulisan ini.



Daftar Pustaka
Sumber Internet :
http://www.pintarkomputer.org/2015/03/sejarah-perkembangan-internet-di-dunia.html
http://www.teknisipintar.com/2016/03/jenis-jenis-layanan-internet-beserta-penjelasan-fungsinya-terlengkap.html
http://www.pintarkomputer.com/macam-macam-layanan-internet-beserta-penjelasan-dan-fungsinya/
http://adityamuhammadputra.blogspot.co.id/2015/01/pengawasan-internet-tugas-manajemen-umum.html
Sumber Buku Referensi :
Kadir, Abdul, dan Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Singapura : Andi Yogyakarta.  




No comments:

Post a Comment