Monday 15 January 2018

3 Macam Docker Dibidang Pewarnaan Coreldraw & Cara Membuat Teks Dalam Suatu Objek


TUGAS T.I.K : 
3 Macam Docker Dibidang Pewarnaan Coreldraw & Cara Membuat Teks Dalam Suatu Objek



1. Sebutkan dan jelaskan 3 macam docker dibidang pewarnaan corelDraw ?
Pengenalan Warna pada CorelDRAW
- Dalam pewarnaan CorelDRAW 12 memfasilitaskan tiga macam docker di bidang pewarnaan, yaitu :
  a.  Docker Color
  b.  Color Palette Browser
  c.  Color Styles

2. Pemberian teks dalam corelDraw memberikan daya tarik dan nilai artistik, tuliskan cara membuat teks dalam suatu objek ?


  • Buat pola bentuk lingkaran dengan klik Kiri mouse sambil men-drag (menggeser) mouse ke satu arah hingga terbentuk pola dengan ukuran sesuai keinginan Anda.
  • Setelah pola berbentuk lingkaran terbentuk, klik Text Tool F8 yang terdapat pada toolbox untuk mulai  membuat tulisan.
  • Setelah klik text tool, mulailah mengetikkan tulisan baik kata maupun kalimat sesuai dengan keinginan Anda.
  • Setelah mengetikkan tulisan, klik salah satu kata terlebih dahulu untuk mulai melengkungkan tulisan sesuai pola lingkaran.
  • Setelah itu, klik menu Text dan kemudian pilih submenu Fit Text To Path
  • Setelah klik submenu Fit Text To Path maka akan tampil seperti di bawah ini, dan dengan munculnya tampilan seperti gambar di bawah ini berarti Anda sudah dapat mengatur letak maupun tingkat lengkung sesuai pola.
  • Setelah perlakuan di atas, klik Kiri satu kali untuk menetapkan serta menyematkan tulisan dengan letak dan tingkat kelengkungan yang telah Anda atur tadiSetelah proses di atas, tulisan lengkung sudah terbentuk, namun pola lingkaran yang menjadi pola dasar tulisan masih tersemat disana dan untuk menghilangkan pola dasar tersebut , klik kiri 2x (DOUBLE CLICK) pada garis pola lingkarannya hingga hanya lingkaran saja yang terpilih , kemudian tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus pola dasar lingkaran tersebut.


No comments:

Post a Comment