Tuesday 16 January 2018

DOA UMAT BERTEMAKAN RASA SYUKUR KEPADA LINGKUNGAN HIDUP


TUGAS AGAMA KATHOLIK :

DOA UMAT BERTEMAKAN RASA SYUKUR KEPADA LINGKUNGAN HIDUP BERDASARKAN KITAB KEJADIAN 1 : 1-24

1. Ya Tuhan, kami bersyukur atas ciptaanMu, alam semesta seisinya, sebagai tempat dan pendukung hidup kami. Berikanlah kami kekuatan, agar kami mampu menjaga dan melestarikannya sesuai dengan rencana penciptaanMu, sebagai wujud pertobatan kami.
Marilah kita mohon ………
2. Ya Tuhan, selamatkanlah kami umatMu dari akibat kerusakan sumber daya alam dan lingkungan hidup, yang pada saat ini semakin memprihatinkan.
Marilah kita mohon.....
3. Ya Tuhan, berikanlah kekuatan, agar kami tidak hanya menyalahkan orang lain yang telah menghabiskan sumber daya alam dan merusak lingkungan hidup kami, melainkan kami sendiri berperilaku peduli terhadap sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Marilah kita mohon ……..
4. Ya Tuhan, ajarilah kami untuk mencintai lingkungan hidup kami ini, sehingga dengan senang hati kami memelihara agar lingkungan hidup ini tetap bersih dan bebas dari pencemaran.
Marilah kita mohon ………
5. Ya Tuhan, tanamkanlah sikap kepedulian di dalam diri umatMu untuk terlibat bersama dengan sesama, dalam usaha-usaha pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Marilah kita mohon ………
6. Ya Tuhan, berilah pencerahan kepada umatMu, agar semakin memahami habitus baru yang telah dicanangkan bersama dalam Sidang Agung GerejaMu, khusunya dalam bidang pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Marilah kita mohon …….
7. Ya Tuhan, berikanlah kekuatan, agar kami sanggup mulai mengatasi pencemaran lingkungan hidup ini, bersama teman teman di wilayah dan di lingkungan kami masing masing.
Marilah kita mohon ……
8. Ya Tuhan, gerakkanlah hati umatMu, agar bersikap peduli terhadap sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta berupaya melestarikannya, bersama umatMu yang lain. (lihat nomor 5)
Marilah kita mohon ……...
9. Ya Tuhan, berilah kami kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, sebagai sikap tobat kami serta menjadi bukti cinta kasih kami kepada sesama.
Marilah kita mohon……….
10. Ya Tuhan, tuntunlah kami, agar mau mulai mengelola sampah di sekitar kami dengan benar, sehingga tidak berakibat menambah pencemaran terhadap lingkungan hidup kami.
Marilah kita mohon……...
11. Ya Tuhan, berkatilah usaha kami,dalam mengajak saudara-sudara kami untuk mengelola sampah di Lingkungan kami,agar tidak menambah beban pencemaran terhadap alam sekitar ciptaanMu. Marilah kita mohon……..
12. Ya Tuhan, gerakkanlah hati umatMu, untuk mencintai tanaman, sehingga dengan senang hati kami mau menghijaukan lingkungannya.
Marilah kita mohon…………..
13. Tuhan, tanamkanlah kesadaran dalam diri umatMu, agar mau berusaha mengurangi pencemaran di bumi ciptaanMu ini dengan tidak membakar sampah secara sembarangan (lihat nomor 9 )
Marilah kita mohon ………….
14. Ya Tuhan, tanamkanlah sikap kepedulian umatMu terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, agar dunia ciptaanMutidak semakin rusak dan membawa malapetaka bagi penghuninya.
Marilah kita mohon …………..
15. Ya Tuhan, ketuklah hati umatMu, agar mau mencontoh pada mereka yang selama ini telah berperilaku peduli terhadap sumber daya alam dan lingkungan hidupnya.
Marilah kita mohon …………
AMIN 

No comments:

Post a Comment