Tuesday 16 January 2018

Makalah tentang Internet 2

Makalah tentang Internet 2


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Internet saat  ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern yang selalu terhubung internet untuk komunikasi, terlebih saat ini media sosial menjadi gaya hidup yang mayoritas di gunakan untuk berkomunikasi dan publikasi serta narsis,  informasi dan bisnis dengan mudah didapat dan dijalankan tanpa batas ruang dan waktu.
Anda sudah merasakan kemudahan manfaat internet, untuk belanja tiket, belanja barang, mencari artikel yang sekarang ini anda baca, dunia pendidikan tertutama sangat merasa di untungkan dengan adanya internet begitu mudah mendapatkan materi pendidikan dapat belajar dimana saja tanpa guru sekalipun. 
Internet sendiri bagaikan pisau bermata dua disisi lain bermanfaat dan disisi lain dapat merugikan, dampak negatif antara lain pornografi, carding, hacking, perjudian dan masih banyak lagi. Internet telah banyak merubah jutaan manusia untuk hidup lebih baik, sekarang tergantung individu masing masing  mana yang jalan yang akan diambil.
1.2. Rumusan Masalah :
Web Browser
Home Page
Download dan Upload 
URL
Portal
Blog
E-mail
E-mail Address
Mailing List


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Web Browser
Pengertian Web Browser :
Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative. 
Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah. Beberapa contoh web browser diantaranya Internet Explorer, Mozilla, Firefox, Safari, Opera, dll. Hal yang perlu diketahui dalam pencarian suatu informasi adalah pemahaman tentang struktur 
Fungsi Web Browser :
Fungsi Web Browser adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dukumen-dokumen yang disediakan oleh web server.
Contoh Web Browser :
1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox yaitu dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.

2. Safari

Safari yaitu Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.

3. Flock 

Flock yaitu Flock adalah web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
4. Opera 

Opera yaitu Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.


5. Internet Explorer

Internet Explorer yaitu sebuah Web Browser Default nya windows yang di buat oleh Microsoft Corporation. Artinya jika kamu memakai sistem operasi (OS) Windows, maka kamu tidak perlu menginstallkan Internet Explorer lagi, karena sudah ada saat kamu menginstallkan windows di komputermu.
Internet Exporer – link, yaitu Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.

6. Google Chrome

Google Chrome yaitu sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc.  untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web.  Google Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010.  Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus.  Antarmuka  penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet.




2.2. Home Page
Pengertian Homepage :
Homepage adalah halaman muka atau utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet. Jadi halaman ini muncul pertama saat website diakses. Tampilan homepage menggambarkan isi seluruh isi situs tersebut,
Biasanya homepage mempunyai nama file index html atau index htm. Agar tampilan homepage lebih menarik, desain homepage dirancang dan dilengkapi dengan tampilan-tampilan menarik seperti huruf yang bergerak-gerak, gambar-gambar yang memikat, animasi hingga penggunaan multimedia lainnya.
Home page biasanya adalah halaman utama pengunjung menavigasi ke situs web dari mesin pencari untuk melihat, dan juga dapat berfungsi sebagai halaman arahan untuk menarik perhatian pengunjung. Home page digunakan untuk memudahkan navigasi ke halaman lain di situs yang sama, dengan memberikan link ke artikel penting dan baru-baru ini di posting, dan mungkin kotak pencarian. 
Sejarah  Homepage :
Pada awal kemunculan World Wide Web di paruh pertama tahun 1990-an, merupakan bagian penting dari halaman Web milik siswa atau guru dengan UNIX akun di universitas mereka. Sistem administrator sistem tersebut dipasang sebuah HTTP server menunjuk pada direktori root untuk direktori yang berisi pengguna akun. 
Pada UNIX, direktori dasar dari akun disebut  homepage, dan HOME variabel lingkungan mengandung jalurnya (misalnya /home/nom_de_login ). URL halaman rumah biasanya memiliki format http://departement.universite.edu/~nom_de_login/. 
Sehingga halaman rumah jangka muncul dan kemudian menyebar ke penggunaan saat ini. Karena munculnya media sosial situs, halaman rumah pribadi tidak lagi biasa seperti pada 1990-an dan 2000-an
Kegunaan Homepage :
Sebuah halaman rumah juga dapat merujuk ke halaman pertama yang muncul saat membuka sebuah web browser, kadang-kadang disebut halaman awal, meskipun halaman rumah dari sebuah situs web dapat digunakan sebagai halaman awal. 

Halaman awal ini bisa menjadi sebuah website, atau dapat menjadi sebuah halaman dengan berbagai fungsi browser seperti tampilan thumbnail dari situs yang sering dikunjungi. Beberapa situs dapat diatur sebagai halaman awal, untuk membuka di berbagai tab. 
Beberapa situs web dimaksudkan untuk digunakan sebagai halaman awal, seperti Google, My Yahoo!, dan MSN.com, dan menyediakan link ke layanan seperti yang biasa digunakan webmail dan perkiraan cuaca secara online.

2.3. Download dan Upload
Pengertian Download :
Download adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user/pengguna yang melakukan proses download (unduh) yaitu proses dimana seorang user meminta atau menrequest sebuah file dari sebuah komputer lain (seperti: web site,server atau yang sebagainya) dan lalu menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi file dari internet ke komputer client/pengguna dapat dikatakan juga proses penerimaan atau pengambilan file dari internet/server ke komputer pribadi.
Pengertian Upload
Upload adalah sering dikatakan juga dengan Unggah, yaitu merupakan suatu cara untuk mengirimkan File (contohnya seperti file: gambar, program, musik, dokumen pdf, dan lain-lain) dari komputer pribadi ke sebuah sistem Server dan file atau data akan di publikasikan di internet sehingga data yang telah di upload dapat dilihat dan diambil (download) oleh orang lain atau orang banyak.
Atau definisi Upload yang lainnya adalah suatu proses transmisi sebuah file atau Data dari sebuah sistem komputer pribadi ke sistem komputer yang lainnya (server) dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari jaringan internet, user yang melakukan proses upload yaitu proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang meminta file. Singkatnya proses transmisi atau pengiriman file ataupun data, dari komputer pribadi ke jaringan internet.
2.4. URL 
Pengertian URL : 
URL adalah singkatan dari “Unifrom Resource Locator” yaitu merupakan rangkaian karakter menurut format standar tertentu, digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, file dan gambar yang terdapat di internet.
URL merupakan kependekan dari “Uniform Resource Locator” merupakan serangkaian karakter (angka, huruf dan simbol) menurut standar tang sudah di tentukan, yang guanya untuk menunjukan suatu alamat atau sumber yang terdapat di internet misalnya seperti file, dokumen dan gambar.
URL yaitu suatu rangkaian karakter menurut standar tertentu yang digunakan untuk menunjukan suatu alamat dari sumber, seperti file atau gambar yang ada di Internet. URL merupakan salah satu inovasi dasar dari perkembangan sejarah Internet.
Sejarah singkat URL :
URL pertama kali ditemukan pada tahun 1991 yaitu oleh Tim Barnes – Lee, dengan tujuan supaya dapat memudahkan para penulis dokumen atau artikel untuk merefrensikan tulisannya ke WWW (World Wide Web), itulah sejarah singkat mengenai URL. 
Beberapa fungsi URL :
Untuk pengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat pada Web.
Digunakan untuk memberikan nama dokumen yang terdapat pada web.
Untuk memberian alamat pada setiap Web yang berisikan dokumen.
Mempermudah dalam mengakses dokumen atau file melalui suatu web.
Mempermudah dalam mengingat alamat dokumen yang ada dalam suatu web.


2.5. Mailing List
Pengertian Mailing List :
Mailing list adalah sering disebut juga dengan milis yaitu sebuah alamat e-mail yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet, untuk melakukan kegiatan saling tukar-menukar berbagai macam informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis secara otomatis akan diteruskan ke alamat e-mail semua anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail ini artinya jika suatu surat di kirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem mengirimkannya kepada seluruh alamat yang telah di daftarkan dalam database mesin tersebut. Dengan adanya mailing list, jika satu surat ingin dikirimkan kepada beberapa orang, maka cukup saja dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman e-mailnya juga bisa di setting apakah setiap e-mail yang dikirimkan oleh anggota bisa diterima ataupun cukup diterima sekaligus.
Fungsi Mailing List :
Singkatnya dengan berkomunikasi memanfaatkan teknologi milis ini, seluruh anggota milis dapat menerima e-mail yang dikirim oleh satu anggota tanpa perlu mengirimkan satu-persatu kepada masing-masing anggota.

2.6. Portal 
Pengertian web portal :
Sebuah portal web (website portal) adalah sebuah situs web yang menyediakan beragam informasi dari berbagai sumber dengan cara (format/layout) yang seragam. Biasanya, setiap sumber informasi mendapat area khusus pada halaman website portal dalam menampilkan informasi. Biasanya pengguna website portal dapat mengkonfigurasi informasi mana yang akan ditampilkan. 
Singkatnya web portal adalah sebuah situs yang berfungsi untuk meletakkan informasi di WWW.

Sebuah web portal pastinya akan menampilkan informasi yang terkolaborasi dengan desain dan beragam tampilan. Oleh karena itu, tampilan sebuah web portal akan lebih konsisten di halaman-halamannya, dan juga memiliki struktur kontrol dan prosedur untuk berbagai aplikasi web. Lalu, mengapa web portal itu dapat dikatakan penting? Hal ini karena sebuah perusahaan atau individu, biasanya memiliki berbagai macam informasi yang ingin ditampilkan dalam sebuah tempat yang terintegrasi. Terlepas dari fitur mesin pencari standar pada website portal, portal web juga menawarkan layanan lainnya seperti e-mail, berita, harga saham, informasi, database dan hiburan. Portal web menyediakan dan memberikan tampilan yang konsisten dan juga memberikan kontrol akses dan prosedur untuk beberapa aplikasi dan database.
Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.
Perkembangan portal web
Portal Web mulai populer pada akhir tahun 1990. Setelah perkembangan perambah web (web browser) pada pertengahan tahun 1990, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan perolehan pasar mereka melalui Internet. Portal web mendapat perhatian khusus karena bagi banyak pengguna, portal web merupakan halaman awal yang dibuka oleh perambah web mereka. Netscape Netcenter telah menjadi bagian dari America Online, Walt Disney meluncurkan Go.com, dan Excite telah menjadi bagian dari AT&T di akhir 1990-an.
Banyak portal yang mengawali keberadaan mereka baik sebagai penyedia direktori Internet maupun fasilitas mesin pencari (Excite, Lycos, AltaVista, infoseek, dan Hotbot adalah beberapa layanan yang tertua dari yang ada). Ekspansi cakupan layanan dilakukan sebagai strategi untuk mengamankan basis pengguna dan memperpanjang masa kunjungan pengguna pada suatu portal. Layanan yang membutuhkan pendaftaran seperti email gratis, fitur tertentu, dan chatroom dianggap mampu mendorong kunjungan yang berulang pada suatu portal. Game, chat, email, berita, dan layanan lain juga bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, di mana hal tersebut akan menambah penghasilan iklan.

2.7. E-mail 
Pengertian Email :
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
Kelebihan Penggunaan Email :
Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang ini e-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
Global 
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
Kelemahan Penggunaan E-Mail :
Salah kirim 
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan. 


Rawan penyadapan 
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Pemalsuan identitas 
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya. 
Kebanjiran e-mail 
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus. 
Sampah e-mail 
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan. 
Respon terlambat 
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Istilah dalam Email :
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah : 
Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member) 
Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member) 
Compose : Menulis surat baru 
Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail 
To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju 
CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain 
BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC 
Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim 
Sent : Surat yang terkirim 
Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu 
Reply : Membalas surat yang diterima 
Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus 
Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam 
Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain 
Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
E-mail address adalah rangkaian teks yang mengidentifikasi pengguna email individu. Address ini memiliki dua bagian username dan nama domain dipisah dengan tanda @, seperti triana@bravo.ac.id.

2.8. Blog
Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Fungsi Blog
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.
Sejarah Blog
Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah jaringan (Internet Protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global.
URL, “Unifrom Resource Locator” yaitu merupakan rangkaian karakter menurut format standar tertentu, digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, file dan gambar yang terdapat di internet.
Surat elektronik atau pos elektronik atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
Mailing list adalah sering disebut juga dengan milis yaitu sebuah alamat e-mail yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet, untuk melakukan kegiatan saling tukar-menukar berbagai macam informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis secara otomatis akan diteruskan ke alamat e-mail semua anggotanya.
Sebuah portal web (website portal) adalah sebuah situs web yang menyediakan beragam informasi dari berbagai sumber dengan cara (format/layout) yang seragam. Biasanya, setiap sumber informasi mendapat area khusus pada halaman website portal dalam menampilkan informasi. Singkatnya web portal adalah sebuah situs yang berfungsi untuk meletakkan informasi di WWW.
3.2 Saran
Demi kesempurnaan makalah ini, kami sangat mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun ke arah kebaikan demi kelancaran dan kesempurnaan penulisan ini.

Daftar Pustaka
Sumber Internet :
http://pengertiandefinisi.com/pengertian-mailing-list-dan-kegunaannya/
http://www.pengertianku.net/2014/11/pengertian-download-dan-upload-secara-lebih-lengkap.html
http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
http://www.pengertianku.net/2014/11/definisi-atau-pengertian-homepage-dan-fungsinya.html
http://selalubuatkita.blogspot.co.id/2013/08/pengertian-website-web-portal-beserta.html
http://fudynazta97.blogspot.co.id/
http://hafizansyari.blogspot.co.id/2008/10/blog-apa-itu-blog.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Portal_web
http://www.pengertianku.net/2014/11/ketahuilah-pengertian-mailing-list-dan-fungsinya.html
Sumber Buku Referensi :
Kadir, Abdul, dan Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Singapura : Andi Yogyakarta.  




No comments:

Post a Comment