Tuesday 16 January 2018

Akibat Gerak Badan, Rekreasi, Istirahat, dan Tidur Tidak Seimbang



TUGAS PENJAS ORKES :


Akibat Gerak Badan, Rekreasi, Istirahat, dan Tidur Tidak Seimbang


Akibat Gerak Badan, Rekreasi, Istirahat, dan Tidur Tidak Seimbang

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama waktu luang untuk kesehatan, diantaranya :
1.Gerak Badan
Gerak Badan yang tepat untuk seseorang dan teratur sangat berguna untuk kesegaran jasmani dan kesehatan tubuh. Tubuh orang yang bekerja berat dengan pikiran, dan sedikit menggerakkan tubuhnya, akan membuat gangguan penyakit tertentu. Seharusnya orang tersebut melakukan olahraga diwktu senggangnya.
Akibat akibat olahraga terhadap tubuh antara lain sebagai berikut :
a. Otot- otot tubuh baik dan serasi serta ada kelenturan yang baik.
b. Pertumbuhna dan perkembangan bagian bagian badan yang harmonis.
c. Memperbaiki otot otot usus sehingga geerakan paristaltik usus teratur denagn baik, serta menghilangkan sembelit.
d. Memperbaiki sisrkulasi darah.
e. Pernapasan dalam dan cepat sehingga paru jadi sehat dan dapat melakukan fungsinya dengan baik.
f. Pembakaran hidrat arang dan lemak denagn baik, sehingga nafsu makan baik dan pengeluaran kotoran sempurna.
g. Sebagia variasi serta rekreasi yang akikibatnya secara tidak langsung tercemin dalam air muka yang cerah dan banyak TERSENYUM.
2.Rekreasi
Rekreasi adalah menciptakan kembali sesuatu yang hilang. Banyak contoh macam olahraga yang bisa digunakan sebaggai rekreasi, misalanya : berburu, mamancing, berkemah.
Selain kegiatan olahraga banyak juga kegiatan bisa digunakan sebagai rekreasi, misalnya : darmawisata ketaman margasatwa, meseum, desa yang tentrm, dan istirahat digunung. Kegiatan ini untuk menyegarkan pikiran dan untuk menjernihkan perasaan yang kalut.
3.Istirahat
Istirahat adlah mengurangi aktivitas otot, meringankan ketegangan pikiran, dan menentramkan rohani, istirahat dapat dipenuhi dengan berbagai macam cara, misalnya mendengarkan radio, menonton telivisi, ngobrol sesame teman,tiduran, menonton pertandinagn/perlombaan, membaca buku bacaan, dan sebagainya.
Ada beberapa guna istirahat, di antaranya adalah :
a. melepaskan lelah
b. memberi kesempatan pada tubuh untuk membentuk kekuatan baru
c. menambah kesegaran dan kekuatan
d. memperpanjang umur sel sel tubuh
Waktu dan lamanya istirahat dalam waktu satu hari, denGAn rincian sebagai berikut :
a. diantaranya jam kerja atau belajar (pagi hari lebih kurang 10 menit istirahat 10-16 menit)
b. siang hari waktu isuirahat 15 20 menit, sebelum makan siang dna sesudah makna 30 60 menit
c. sore harisebelum makan 60 menit dan sesudah makan 60 menit
d. malam hari sebelum tidur 60 menit
4.Tidur
Tidur adalah cara yang paling baik untuk mendapatkan istirahat. Tidur sebaiknya pada malam hari 6 ja. Gejala gejala umum dari kurang tidur antara lain. Kelopak mata sayu, pucxat,muka suram dan juga pucat, badan lemah, kurangkegairahan bekerja, malas dan lain lain.
Apabilka sulit tidur ada beberapa usaha agar dapat tidur denagn baik:
a. tidur dalam satu kamar yang tisdak terlalu sesakdenagn barang barang dan tidak pula terlalu penuh
b. keadaan didalam kamar seharusnya rapid an bersih
c. perasaan yang tenang denagn berusaha menghilangkan gangguan pikiran dan tidak gelisah
d. ventilasi yang baik
e. kamar jangan terlalu panas


Kapan Olahraga Dikatakan Berlebihan?

Olahraga dapat dikatakan berlebihan jika dilakukan terlalu sering, dengan berkali-kali dalam sehari, seperti lebih dari dua kali. Demikian juga jika olahraga dilakukan dengan terlalu lama, hingga berjam-jam dalam setiap harinya, maka ini juga tidak baik. Dan sebagai ukuran yang pasti dari orang yang berlebihan dalam berolahraga, yaitu melakukan olahraga dengan melebihi batas kemampuan tubuhnya, sehingga olahraga tersebut justru berdampak buruk untuk tubuh.


Kamu sebenarnya dapat melakukan olahraga setiap harinya, tetapi direkomendasikan waktu berolahraga untuk setiap harinya adalah 30-50 menit, ukuran seperti ini masih tergolong normal, bahkan sangat baik dilakukan. Adapun olahraga yang dapat Kamu lakukan seperti aerobik, lari, jogging bersepeda, berenang, dan lainnya. 


Tanda seseorang yang sudah berlebihan berolahraga
  1. Akan mengalami kelelahan ketika melakukan suatu aktifitas, hal itu karena tubuh yang terlalu dipaksanya untuk berolahraga, atau berolahraga secara berlebihan sehingga mengakibatkan waktu agar tubuh dapat pulih kembali menjadi sangat lama.
  2. Tubuh bukannya bertambah bugar, malah justru tampak mengalami jiwa yang tidak semangat, dan terlihat tidak bertenaga dan mudah lelah.
  3. Orang yang kecanduan berolahraga (secara berlebihan) maka secara psikologis akan mengalami rasa selalu bersalah jika tidak berolahraga.
  4. Terlihat memaksakan diri untuk olahraga yang berat, padahal sudah dalam keadaan lelah dan bahkan sudah mengalami pegal-pegal atau bahkan nyeri otot.
  5. Mengalami cedera atau nyeri otot dalam waktu yang terlalu lama.
  6. Jika pada wanita, maka mengalami gangguan menstruasi.
  7. Mengalami susah tidur.
  8. Peningkatan denyut jantung yang secara berlebihan ketika dalam keadaan normal, ini tidaklah baik.
  9. Sering mengalami sakit kepala.
  10. Mood menjadi gampang berubah, dan juga suka emosian.
  11. Nafsu makan menjadi menurun terlalu parah.



Bahaya / Dampak dari Akibat Olahraga Secara Berlebihan
Olahraga yang dilakukan dengan berlebihan, selain mengakibatkan tubuh nyeri atau bahkan sampai cedera fisik dan otot, juga dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi pada tubuh, mengalami insomnia, depresi, rasa lelah yang berlebihan dan juga dalam waktu terlalu lama, sehingga akan mengganggu aktifitas Kamu jadinya.  Berikut di bawah ini penjelasannya secara lengkap.
1. Cedera
Ini tentu sudah pasti, berolahraga secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi kelelahan yang berlebihan, sehingga kita jadinya akan sangat mudah mengalami cedera. Yang paling berbahaya adalah sampai pada taraf tubuh keseleo hingga patah tulang. Atau minimalnya akan membuat tubuh menjadi nyeri otot, sehingga olahraga yang tujuannya menguatkan tubuh justru malah membuat kondisi tubuh menjadi buruk.

2. Beresiko Gagal Jantung
Kelelahan karena olahraga yang berlebihan juga bisa membuat jantung menjadi lemah, sehingga dapat meningkatkan resiko kerusakan pada jantung, untuk itu cukupi nutrisi sehari-hari Kamu.


3.  Sistem Kekebalan Tubuh menurun

Ketika tidur sebenarnya secara otomatis tubuh akan menjadi pulih kembali, akan tetapi jika Kamu olahraga terlalu lama maka mengakibatkan waktu beristirahat berkurang, disamping juga tubuh menjadi sangat lelah, sehingga dengan begitu sistem kekebalan tubuh juga menjadi melemah. Kamu dapat sangat mudah untuk terserang penyakit seperti batuk, nyeri kepala, demam, dan penyakit lainnya.

4.  Gangguan Menstruasi

Melakukan olahraga secara berlebihan juga menyebabkan berkurangnya lemak tubuh yang terlalu banyak. Apabila masalah seperti ini dialami oleh wanita, maka akan memberikan resiko gangguan menstruasi, dan jika hal seperti ini berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama maka akan dapat beresiko kemandulan pada wanita.

5. Mengakibatkan pelepasan radikal bebas (zat anti radikal) 

Terlalu lama olahraga juga dapat mengakibatkan terjadinya pelepasan radikal bebas yang terjadi secara berlebihan, sehingga dengan begitu sangat berbahaya karena dapat meningkatkan resiko mutasi gen dan kanker.

6.  Mengalami sulit tidur

Jika kita berolahraga maka sangat bermanfaat agar kita dapat tidur lebih nyenyak, tetapi jika melakukan olahraga secara berlebihan justru akan membuat insomnia, atau sulit tidur, karena tubuh mengalami stress, serta menyebabkan pengeluaran kortisol, sehingga menjadi sulit untuk rileks yang membuat Kamu tidak dapat tidur.

7.  Depresi

Olahraga secara berlebihan tentu akan mengakibatkan depresi. Berbeda jika berolahraga dilakukan secara normal maka akan membuat kita menjadi lebih percaya diri, tetapi jika berolahraga berlebihan maka akan membuat kita menjadi sangat kelelahan, baik itu fisik maupun psikologis sehingga membuat orang tersebut mengalami depresi.


8. Gangguan hubungan dengan orang lain

Point kedelapan ini juga tentu dapat saja terjadi, karena orang yang kecanduan untuk berolahraga maka waktunya habis untuk itu saja, sehingga membuatnya terisolasi dari keluarga bahkan teman-temannya, seperti tidak mau untuk menghadiri suatu acara atau undangan karena sangat ingin berolahraga. Sehingga walaupun Kamu memang orang yang rutin berolahraga tetapi sempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan keluarga dan juga teman-teman.


9.  Gangguan Pekerjaan, sekolah dan aktifitas lainnya

Olahraga yang secara berlebihan mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah dan emosi tidak stabil, sehingga dapat membuat kita sulit berkonsentrasi baik dalam pekerjaan maupun tugas sekolah. Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa latihan ketahanan seperti marathon mengakibatkan kerusakan jantung dan ketidaknormalan pada ritme jantung. Batasan aman untuk berlatih marathon yaitu maksimal satu jam untuk setiap harinya. 
Para ilmuwan di Amerika menyatakan bahwa pola latihan intensif dan kompetisi olahraga ketahanan yang sangat ekstrim dan dalam jangka waktu lama dapat membahayakan jantung. Latihan ketahanan ekstrim seperti marathon, triathlon, serta bersepeda jarak jauh hingga puluhan bahkan ratusan KM mengakibatkan perubahan struktur jantung dan pembuluh darah, sehingga menyebabkan kerusakan pada jantung.

Demikian beberapa hal buruk dari berolahraga dengan berlebihan, janganlah memaksakan diri untuk terus berolahraga ketika tubuh sudah kelelahan. Apabila timbul nyeri dan cedera ringan maka segera berhenti dari berolahraga. Jadi, olahraga harus dilakukan dengan tepat, dan juga waktu dan intensitas yang cukup, sehingga Kamu memperoleh manfaat dan terhindari dari bahaya yang justru akibat dari olahraga yang berlebihan tersebut.

Kekurangan Tidur
Akibat kekurangan tidur pada manusia.
Kekurangan tidur biasanya disebabkan karena begadang ataupun karena insomnia. Beberapa akibat yang timbul akibat kurang tidur antara lain:

·         Halusinasi
·         Mudah ​​marah
·         Penurunan kognitif
·         Mudah lupa
·         Menguap parah
·         Gejala mirip dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
·         Gangguan penilaian moral
·         Berkurangnya kemampuan reaksi dan akurasi
·         Getaran (meriang atau mengigil)
·         Sakit atau nyeri otot
·         Risiko Diabetes Tipe 2
·         Pertumbuhan melambat
·         Risiko obesitas
·         Penurunan suhu tubuh
·         Peningkatan tingkat variabilitas jantung
·         Risiko penyakit jantung
·         Gangguan sistem kekebalan tubuh

Efek Samping Terlalu Banyak Tidur
A. Efek Samping Pada Fisik.
1. Beberapa studi yang telah dilakukan oleh ilmuwan Amerika menunjukkan hubungan tidur berlebihan dengan diabetes. Orang yang tidur lebih dari 9 jam atau kurang dari 5 jam per malam memiliki resiko 50% lebih besar untuk terkena diabetes.
Anda mungkin berpikir bahwa kelebihan atau kekurangan tidur tidak menyebabkan diabetes secara langsung, namun terlalu banyak tidur bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya yang pada akhirnya menyebabkan diabetes.
2. 15% Orang yang terlalu banyak tidur atau lebih dari 9 jam per malam menderita depresi! Sama akibatnya ketika seseorang kekurangan tidur.
3. Tubuh Anda menjadi kurang aktif karena waktu untuk bergerak jadi semakin berkurang. Sehingga tubuh hanya membakar sedikit lemak yang dijadikan energi. Penumpukan lemak yang terjadi mengakibatkan tubuh kita jadi susah dan malas bergerak dikarenakan tubuh yang semakin membesar.
Inilah kenapa orang yang kebanyakan tidur bisa obesitas. Efek yang lebih buruk lagi, obesitas bisa menjadi penyebab terjadinya masalah baru pada kesehatan Anda.
4. Kebanyakan tidur menyebabkan efek buruk pada neurotransmitter yang ada di otak, yang mana bisa membuat Anda merasa sakit kepala ketika bangun setelah tidur panjang.
5. Meskipun Anda tidur di atas kasur yang mahal dan super nyaman, tapi tetap saja jika terlalu lama tidur, akan menyebabkan nyeri dan sakit di punggung. Hal ini dikarenakan tubuh yang tidak bergerak.
6. Studi yang sudah pernah dilakukan juga menunjukkan bahwa orang yang kebanyakan tidur memiliki resiko 38% lebih besar terkena penyakit jantung koroner.

B. Efek Samping Psikologis.
Selain memberikan efek buruk pada kondisi fisik, kebanyakan tidur juga memberikan efek buruk pada kondisi psikologis. Bahkan tak jarang menyebabkan kondisi mental yang serius.
Misalnya ketika kita bangun dan menyadari bahwa kita terbangun pada pukul 11 aau 12 siang, kita sadar bahwa telah banyak waktu produktif yang terbuang.
Pikiran ini akan terus terbawa sepanjang hari selama Anda beraktifitas, bahkan sampai Anda tidur kembali. Nah, hal inilah yang dimaksud dengan mempengaruhi kondisi psikologis.
Mungkin kita merasa malas dan tidak mampu untuk bangun di pagi hari. Tapi usahakan untuk memaksa diri Anda bangun! Rasa kantuk itu akan hilang ketika Anda mandi dan sarapan.
Ini berpengaruh pada mood atau suasana hati Anda juga. Ketika Anda bangun kesiangan, itu berarti Anda akan terburu-buru untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Saat seorang rekan kantor mengajak Anda berbincang sementara Anda sedang serius, itu akan memancing emosi dan membuat Anda marah.
Bandingkan dengan jika Anda bangun lebih pagi, lebih awal menyelesaikan pekerjaan dan lebih awal pulang kantor. Itu berarti Anda akan memiliki waktu yang lebih awal untuk beristirahat. Ini akan mengurangi resiko terjadinya depresi sebanyak 15%.
Kebanyakan tidur bisa menjadi kebiasaan buruk. Buatlah aturan dan taati. Tubuh berhak untuk beristirahat dan dijaga dengan baik. Lakukan hal tersebut mulai dari sekarang agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan di masa mendatang.




No comments:

Post a Comment